Jumat, 03 Agustus 2012

Perang Paten Samsung-Apple Berimbas pada Hubungan Bisnis Keduanya

03 August 2012 

51f0b26dae70f12e4e5011fa15837689
Hubungan Samsung dan Apple di kancah bisnis perangkat mobile memang cukup erat plus dibumbui dengan berbagai intrik di dalamnya.
Bagaimana tidak, di satu sisi, Samsung merupakan mitra bagi Apple sebagai pemasok berbagai komponen untuk iPad, iPhone, dan lini produk Mac dengan nilai kontrak yang tidak sedikit. Namun, di sisi lain Samsung adalah musuh nomor wahid bagi Apple dalam pertempuran paten yang bahkan harus diselesaikan melalui jalur hukum di pengadilan.
Ternyata, perseteruan paten antara kedua perusahaan tersebut lambat laun akhirnya memengaruhi hubungan bisnis di antara keduanya. Menurut sebuah laporan terbaru, Apple telah memangkas order panel display dari Samsung. Adapun rival Samsung dalam bisnis display, Sharp dan LG siap meng-cover pasokan layar untuk Apple.
Menurut sumber anonim yang berbicara kepada sumber di situs DigiTimes, pemasok komponen Apple secara total akan mengirimkan 19,5 juta panel layar iPad pada kuartal ketiga tahun ini. Angka tersebut mencakup layar untuk iPad 2 dan iPad generasi ketiga, meningkat 2,6% jika dibanding pengiriman pada kuartal kedua yang berkisar 19 juta unit.
Satu hal yang cukup menyita perhatian adalah pernyataan sumber di situs tersebut yang menyatakan bahwa Apple “menurunkan proporsi dari total pengiriman panel iPad dari Samsung dan meningkatkan pesanannya dari Sharp dan LG Display”.
Laporan tersebut diungkap ke publik, tiga hari setelah pengadilan paten antara Samsung dan Apple digelar di San Jose, California. Bagaimana kelanjutannya, kita tunggu saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar