Jumat, 28 Januari 2011

Aplikasi Android Bisa Dijalankan di Playbook dan BlackBerry?
Kamis, 27 Januari 2011 16:07
Sebuah langkah dahsyat dilakukan RIM. Menurut beberapa sumber terpercaya, sebagaimana dilansir situs BGR, dikabarkan bahwa vendor smartphone BlackBerry itu tengah menjajaki kemungkinan bisa ditanamnya aplikasi Android pada perangkat BlackBerry. 
Sekadar diketahui bahwa RIM sebelumnya telah mencoba untuk mencari tahu sejauh mana aplikasi berbasis Java mampu bekerja pada tablet QNX dan smartphone-nya kelak. Dan, kemudian RIM pun secara terbuka menyatakan bahwa pihaknya melihat kemungkinan bahwa Java Virtual Machine mampu berjalan pada Playbook, PC tablet garapannya. Hanya saja, karena beberapa alasan, pihak RIM pun belum memutuskan untuk mengadopsi Java VM pada produknya.
Kini, menurut sumber tersebut, RIM mengalihkan sorotannya ke Dalvik Virtual Machine, dimana diperkirakan pabrikan asal Kanada tersebut akan mengadopsi Dalvik nantinya pada perangkat yang akan dibesutnya. Menariknya, Dalvik merupakan virtual machine yang juga digunakan pada sistem operasi Android.
Alhasil, jika nanti RIM jadi mengadopsi Dalvik Virtual Machine maka dipastikan pada piranti kreasinya semisal Playbook dan perangkat berbasis QNX lainnya bakal mampu menjalankan semua aplikasi yang dikembangkan untuk platform Android.  
Jadi, setidaknya ada dua skenario jikalau rencana ini bakal diambil RIM. Pertama, RIM menggunakan Dalvik VM open source tanpa melibatkan Google. Sementara yang kedua, RIM menjalin kesepakatan dengan Google. Nah, jika ternyata skenario kedua yang diambil, maka bukan tidak mungkin nantinya produk RIM tidak sekadar mampu menjalankan aplikasi berbasis Android, tetapi juga bisa menampilkan fitur khas Andoid seperti Android Market, Gmail, Google Maps, dan aplikasi Google lainnya.
Apakah RIM berani mengambil langkah ini? kita tunggu saja perkembangannya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar