Selasa, 11 Oktober 2011


RIM Kenalkan BlackBerry Tag, Berbagi Data Lewat Teknologi NFC
Selasa, 11 Oktober 2011 11:37
Sejak diperkenalkan secara resmi ke hadapan khalayak, jajaran smartphone BlackBerry terbaru, yang notabene dilengkapi sistem operasi terbaru, BB OS 7, banyak menyita perhatian. Terutama dukungan fasilitas NFC (Near Field Communication), yang disebut-sebut sebagai evolusi teknologi dalam berbagi data.

Bahkan, lebih jauh lagi NFC bisa dipakai sebagai teknologi untuk pembayaran via teknologi selular (phone wallet), yang memungkinkan transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Nah, dengan kehadiran NFC di ponsel BlackBerry OS 7 setidaknya para penikmatnya berharap teknologi tersebut bisa dinikmati sesegera mungkin, lewat smartphone RIM tersebut. Dan, sebagai wujud komitmen, RIM memulai langkah ke arah situ dengan memperkenalkan BlackBerry Tag, pemanfaatan dari teknologi NFC.

BlackBerry Tag nantinya bekerja memanfaatkan sinyal radio NFC (yang sudah dibenamkan di ponsel BlackBerry Bold 9900/9930, Curve 9350/9360/9370), untuk aktivitas berbagi data antar smartphone tersebut, hanya dengan melakukan ‘tap’ sederhana.

Fasilitas BlackBerry Tag akan hadir bersamaan dengan update terbaru untuk BB OS 7. Lewat BlackBerrt Tag, pengguna bisa mentransfer informasi kontak, dokumen, alamat web (URLs), foto dan lainnya hanya dengan aksi tap diantara kedua smartphone BlackBerry secara bersamaan.

Lewat BlackBerry Tag, pengguna pun bisa berbagi informasi tentang BBM-nya secara detil kepada temannya. Kedepannya, pihak BlackBerry berencana akan membuka kode API (application programming interface) platform BlackBerry, yang memungkinkan para pengembang software untuk memanfaatkan fungsi ‘tap to share’, dengan menghasilkan aplikasi yang jauh lebih baik. [Wr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar