Kamis, 03 Februari 2011

Pangsa Pasar iPad Digerogoti Tablet Android

Rabu, 02 Februari 2011 17:23
Persaingan di segmen PC tablet semakin seru. Bagaimana tidak, setelah sekian lama hadir tanpa pesaing tangguh, kini dengan hadirnya PC tablet Android keberadaan iPad pun sedikit mengalami ‘goncangan’. Secara perlahan tablet PC berplatform Android, yang kini dipelopori Samsung Galaxy Tab berhasil menggerogoti pangsa pasar tablet milik Apple tersebut.
Berdasarkan laporan dari Strategy Analytics, yang dikutip PULSAonline via bgr, tercatat bahwa secara global Android telah berhasil memperoleh pasar hingga 22% pada kuarter keempat tahun 2010. Sementara iPad tercatat mengalami penurunan pangsa pasar, dimana sebelumnya 96% kini menjadi 75% pada kuartal yang sama.
Secara kuantitas, pada kuartal tersebut Apple telah mengirimkan sebanyak 7,3 juta unit iPad. Sementara untuk tablet Android tercatat sudah mengapalkan sebanyak 2,1 juta unit. Dan menariknya, 2 juta unit di antaranya merupakan tablet hasil kreasi Samsung.
Sekadar informasi, tak kurang dari 100 tablet dengan berbagai merek telah diumumkan pada ajang Consumer Electronics Show awal tahun ini, dan setengahnya diketahui menjalankan sistem operasi Android. Belum lagi tablet hasil kreasi kubu lain semisal RIM yang telah siap mengguyur pasar tablet PC lewat model Playbook-nya.
Bahkan, tak main-main untuk tahun pertama peluncuran Playbook, RIM menargetkan penjualan sebanyak 6 juta unit Playbook. Alhasil persaingan di segmen tablet PC pun kian kompleks. Apakah iPad mampu mempertahankan ‘takhtanya’, kita lihat saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar